Rabu, 04 Februari 2009

wIsAta dI baNduNg...

Objek Wisata Bandung dan Sekitarnya
--------------------------------------------------------------------------------

Kabupaten Bandung memiliki banyak objek wisata. Mulai dari Gunung Tangkuban Parahu di daerah Utara Kabupaten Bandung, Situ Patenggang di daerah Selatan, Bendungan Saguling di bagian Barat, serta Curug Cinulang di bagian Timur Kabupaten Bandung.

Daerah Utara
Kota Kecamatan Lembang, memiliki pesona tersendiri untuk menarik para wisatawan. Di Lembang terdapat Grand Hotel Lembang, salah satu hotel yang dibangun di era tahun 1940 dan sampai saat kini masih cukup memadai bagi kepentingan wisatawan. Grand Hotel Lembang, Putri Gunung Cottage dan hotel hotel lain yang banyak tersebar di kota Lembang, siap dengan segala keramahan untuk menjamu para wisatawan. Adapun objek wisata yang berada di wilayah Bandung bagian Utara ini adalah Kawah Gunung Tangkubanparahu, Maribaya (Curug Maribaya, Curug Omas), Curug Cimahi, Kebun Bunga Cihideung, Pasir Yunghun, dan juga Taman Ir H. Juanda (Dago Pakar, Gua Jepang).

Bandung - Lembang berjarak 16 km, atau dapat ditempuh dengan waktu perjalanan selama kurang lebih 30 menit dengan kendaraan umum maupun pribadi. Di kiri kanan jalan yang berkelok tersebar hotel, penginapan dan bungalow maupun Rumah Makan yang menunjang keberadaan objek wisata. Setelah melewati Bumi Siliwangi (Gedung Isola) di kota Bandung, di sebelah kanan jalan dapat dijumpai makam pahlawan R Otto Iskandardinata yang dikenal dengan julukan si Jalak Harupat, yang gugur dalam pertempuran membela kemerdekaan. Dan sebelumnya di arah kanan jalan pula, di ketinggian 1.300 meter d atas permukaa laut, dengan luas areal 400 ha, kita dapat melihat observatorium Boscha (Peneropongan Bintang Boscha) yang sangat dikenal itu.

Daerah Selatan
D aerah Wisata Cwidey adalah merupakan daerah tujuan wisata yang cukup lengkap di Bagian Selatan Kabupaten Bandung, disamping Pangalengan dengan objek wisata Situ Cileunca-nya, Agro wisata Malabar, dan objek objek wisata lainnya.

Daerah Barat
Dengan sentra kegiatannya, yaitu agro wisata (pertanian dan perkebunan) di Cikalong Wetan, Wisata Tirta di Situ Ciburuy, Bendungan Saguling dan Bendungan Cirata.

Daerah Timur
Daerah Wisata Bandung Timur, dengan sentra kegiatannya yaitu Wana Wisata Curug Sindulang di Cicalengka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bagaimana dengan blog ini.....????